Mengapa Kita Membutuhkan Banyak Teknologi di Hidup Kita?


I’m say “Hello!!” untuk kalian yang membaca artikel ini. Nah, kalian membaca artikel ini juga memakai fasilitas teknologi yang kalian miliki sekarang seperti, Laptop atau SmartPhone yang membuat kalian dan gua, enggan  lepas dari barang – barang tersebut. Selain memberi kita beberapa informasi dan fasilitas, itu cukup membuat kita nyaman untuk kehadirannya. Di sini gua akan bahas kenapa sih, kita sangat – sangat membutuhkan segudang teknologi di hidup kita dan sampai – sampai kita enggan jauh dari teknologi itu sendiri … 🙂

Kita itu makhluk hidup yang memiliki akal dan budi yang membuat kita sebagai tokoh utama dalam membuat perubahan dunia itu sendiri. Selain itu, kita juga sebagai makhluk sosial yang engga bisa hidup sendirian dan always bergantung dengan orang lain. Penerapan teknologi yang seperti ini yang buat standar hidup kita itu meningkat dan juga …. kebutuhan kita dipenuhi dengan lebih mudah. Kita sangat – sangat membutuhkan teknologi ini, dan sempat engga sih, kita mikir kenapa kita membutuhkan banyak teknologi di hidup kita?

Pertama, “Semua Kegelapan Dunia menjadi Terang …” – Jika bukan karena itu, kita tidak mampu menghasilkan tenaga listrik atau memanfaatkannya. Contohnya adalah, penggunaan kabel di atas dan di bawah tanah, listrik yang bisa gue dan kalian pakai ketika bisa distribusikan ke rumah tangga terkecil di sudut terjauh dunia, dan kali ini kita tertolong berkat siapa? Teknologi lagi, ‘kan???

Kedua, “Bukan hanya kebutuhan dasar bahkan, kemewahan datang” – Kita dapat memenuhi kebutuhan bahkan, sebelum kelahiran teknologi tapi, ini sangat sulit dan begitu sederhana. Tapi sekarang bisa gua dan kalian jumpai dimana – mana, makanan segar atau awet dari jenis apapun, bervariasi. Apalagi yah ???? … Oh iya, pakaian yang biasa kita pakai juga bervariasi dan nyaman dengan pakaian yang berbeda untuk berbagai kesempatan dan musim yang mendukung di Indonesia sendiri … Dari makanan hingga model pakaian, teknologi memiliki peran untuk dimainkan. Bagaimana lagi semua ini bisa dihasilkan? Lihatlah tempat penampungan hari ini … Bangunan tinggi, dan apartemen mewah depan sekolah? Bagaimana mereka akan dibangun jika bukan karena teknologi …. Ya kan??

Ketiga, “Teknologi Bisnis Tumbuh disertai Peluang Kerja” – Menurut gua, Bisnis kecil ataupun gedhe masih membutuhkan teknologi untuk berkembang karena kemajuan teknologi lagi … Kalau bukan karena teknologi, bagaimana proses industri kompleks akan dilakukan? Bagaimana produksi barang berskala besar dimungkinkan? Bagaimana industri perangkat lunak akan tumbuh jika bukan karena Komputer? … Bagi gua, pertumbuhan bisnis menciptakan peluang kerja bagi orang dan teknologi memainkan peran besar dalam pertumbuhan bisnis.

Keempat, “Meskipun bermil – mil jauhnya, masih terhubung?” – Sistem Komunikasi telah berevolusi dari merpati yang membawa pesan dan e-mail  yang melakukan perjalanan jarak jauh dengan hitungan detik. Bahkan sekarang kalian dapat mengakses halaman artikel gua dengan hanya mengklik mouse atau apalah, yang membawa kalian termasuk, gua menjelajah di Internet yang luas, berkat Komunikasi Satelit yang melakukan perubahan dalam hal “kecepatan” … Acara televisi dan film yang biasa kita tonton termasuk mengubah industri hiburan dan dapat dijangkau massa dalam waktu beberapa menit setelah dibebaskan. Komunikasi radio telah memungkinkan untuk menyiarkan program ke tempat – tempat terpencil-nya Indonesia juga, kan?

Kelima, “Fasilitas dan Ketersediaan Media Interaktif” – Nah, berhubungan dengan gua dan kalian yang termasuk anak IT mungkin, peran komputer dan internet dalam pendidikan tidak dapat diabaikan karena penggunaan teknologi semacam itu lebih menarik, Bung … Komputer memungkinkan penyimpanan dan penyajian informasi menjadi lebih baik, sehingga proses belajar – mengajar menjadi lebih mudah dan interaktif. Selain itu, media video pembelajaran yang tersebar luas di jejaring internet juga mudah diakses dan disediakan untuk acara berbagi pengetahuan yang lebih baik. Saat ini, kita dapat terus belajar bahkan mengelola pekerjaan mereka. Mengapa??? Karena pendidikan online  memberi kita fleksibilitas untuk melakukannya dan semua informasi di dunia tersedia luas, berkat siapa?? Berkat WEB diseluruh Dunia ….

Keenam, “Teknologi Mendorong Kemajuan Sains” – Nah, apalagi dalam Sains seperti ini biasanya bisa kita temuin di Rumah Sakit atau Industri Perawatan Kesehatan. Karena memudahkan antara profesional perawatan kesehatan dan pasien dengan prosedur medis yang dibantu komputer. Dalam pengerjaan peralatan pemantauan pasien dan instrumen bedah, pasti engga lepas dari teknologi, kan?? Dan juga dalam berbagai prosedur mulai dari scan sampai mekanisme operasi di Rumah Sakit juga disimulasikan dan dibantu dengan mesin.

Dari beberapa berita yang gua baca, Penelitian Genetika telah mengungkapkan bagaimana banyak sifat sampai penyakit keturunan ditransfer lintas generasi. Lalu ada juga, proses cloning dan rekayasa genetika berusaha mengubah sifat – sifat individu. Teknologi generasi keempat dalam komunikasi bergerak dengan kecepatan luar biasa dalam komunikasi di jaringan seluler. Sungguh dan engga terduga dimana, hal – hal yang tidak pernah kita bayangin sebelumnya telah menjadi kenyataan karena penerapan teknologi ….

Nah, sampai disini gua bisa simpulin kalau dengan teknologi, proses yang kritis dan memakan waktu dapat dijalankan dengan mudah serta lebih singkat. Tugas yang melelahkan dan berulang – ulang paling baik dilakukan oleh “Mesin” … Dengan datangnya teknologi, mereka menghemat tenaga manusia dan waktu yang membuat manusia hidup nyaman dan damai. Dan, “tidak ada yang lain yang mengubah cara hidup teknologi” dan “mengapa teknologi sangat penting hari ini dan akan selalu ada” …. 🙂


9 thoughts on “Mengapa Kita Membutuhkan Banyak Teknologi di Hidup Kita?

Add yours

Leave a comment

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑

Design a site like this with WordPress.com
Get started